Perbandingan Biaya Service Mobil Suzuki di Bengkel Resmi dan Bengkel Umum


biaya servis mobil suzuki

Perawatan mobil rutin tidak dapat diabaikan. Sebab dengan servis rutin, mobil Anda bisa tetap awet. Tapi suka bingung ga sih, dimana sebaiknya melakukan perawatan? Apakah di bengkel resmi atau di bengkel umum saja? Kalau di bengkel resmi, alat-alatnya sudah pasti lengkap namun yang jadi perhatian adalah harganya mahal. Kalau di bengkel umum, bisa lebih murah tapi hasil kerjanya tidak dapat digaransikan. Yap, sudah pasti, kedua tempat ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Namun ternyata bukan saja soal ketersediaan bengkelnya, dari tipe mobil pun bisa memberi Anda petunjuk dimana Anda harus melakukan perawatan pada mobil. Jangan sampai rugi uang karena salah memilih bengkel. Apalagi untuk mobil Suzuki tipe All New Ertiga, All New Swift, APV, Baleno, Carry, Carry Pick up, dan tipe lainnya.

Bengkel Umum

Bengkel umum adalah bengkel yang tidak memiliki hak khusus dengan dealer mobil tertentu. Kelebihannya sudah pasti semua merek mobil bisa diservis di sini. Di samping itu, suku cadang yang dimiliki pun beragam. Ada yang resmi, ada suku cadang dari merk lain, dan ada juga yang KW yang biasanya diproduksi di Cina. Dari segi pelayanan dan servisnya, tentu hanya bisa dinilai subjektif. Tergantung ada yang bagus ada pula yang jelek.

Dari segi harga pun bervariasi. Istilahnya bisa ditentukan oleh diagnosa teknisi yang mengerjakan. Namun tetap saja biasanya harga yang dipatok lebih murah dari bengkel resmi. Harganya sangat variatif! Untuk Tune up saja, ada yang mematok harga 500 ribu sampai 1.500.000. Sedangkan untuk servis rutin membutuhkan biaya 400-800 ribu sesuai kilometernya.

READ  Waspada Musim Hujan! Ini Bagian Motor yang Rawan Bermasalah

See also  Ciri2 Piston Motor Rusak dan Masalah yang Ditimbulkan

Bengkel Resmi

Sekarang kita beralih ke bengkel resmi. Seperti namanya, bengkel resmi pasti buatan resmi dari dealer atau pemegang merek dari mobil tersebut. Sehingga bengkel resmi hanya membuka layanan untuk mobil yang mereka jual saja. Kalau bengkel resmi Suzuki sudah pasti hanya melayani mobil keluaran Suzuki saja. Kelebihannya tentu sparepart alias suku cadang yang dijual tidak akan KW atau palsu. Semuanya pasti original. Dari sisi mekaniknya pun, seharusnya sudah lulus standar klasifikasi yang matang.

Namun dari segi harga, banyak yang menyebut kalau bengkel resmi lebih mahal dibandingkan dengan bengkel umum. Dikutip dari gridoto.com, berikut harga part dan servis berkala di bengkel resmi Suzuki pada Maret 2019

Pada interval 10.000 km, 30.000 km, dan 50.000 km, servis yang dilakukan yaitu ganti oli mesin, filter oli, dan gasket dengan total biaya 358.000. Sementara ketika masuk di 20.000 km/12 bulan, part yang diganti adalah oli mesin, oli gasket, filter oli, busi, dan oli transmisi dengan total biaya 736.000.

Nah, kalau sudah masuk 40.000 km/24 bulan, maka harus dilakukan servis besar-besaran. Servis ini juga melakukan tune up, spooring dan balancing. Part yang diganti adalah oli mesin, oli gasket, filter oli, busi, oli transmisi, filter udara, minyak rem, engine coolant dengan total biaya 997.000. Jika ditotal, biaya yang harus Anda siapkan adalah mencapai 1.247.000.

Nah, jika memasuki kilometer ke 60.000 atau 36 bulan dan seterusnya, Anda sudah mulai dibebankan biaya jasa mekanik. Cukup lumayan harganya karena di Suzuki dihitung biaya per paket. Misalnya paket kelipatan 10 ribu km biayanya Rp340.000. Kelipatan 20 ribu km biayanya Rp 420.000, dan kelipatan 40 ribu km biayanya Rp 540.000. *Harga ini mungkin berbeda di wilayah lain.

See also  Ban Motor Sering Kurang Angin? Penyebab Hingga Solusinya di Sini

 

Dikutip dari laman resmi Suzuki, Biaya servis ini berlaku untuk:

1. Harga hanya berlaku untuk wilayah JABODETABEK.

2. Harga belum termasuk dengan PPN 10%

3. Harga belum termasuk dengan perbaikan tambahan pada kendaraan.

4. Perbaikan tambahan pada kendaraan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan kendaraan.

5. Biaya Jasa perbaikan tergantung dengan jarak.

Dari uraian tersebut, masing-masing bengkel memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kini terserah Anda yang menentukan. Saran kami, untuk mobil yang masih di bawah 4 tahun sebaiknya lakukan servis di bengkel resmi sesuai dengan aturan penggunaan. Karena dengan servis di bengkel resmi, Anda bisa mendapatkan garansi baik untuk kerusakan mesin maupun suku cadang. Sayang kan kalau tidak dipakai fasilitasnya?