Oli Sintetik dan Oli Ester, Mana Oli Motor Yang Tahan Lama?


oli motor yang tahan lama

Teknologi otomotif berkembang kian cepat. Selalu ada inovasi baru untuk membuat kendaraan jadi lebih nyaman digunakan. Salah satunya adalah pengembangan pelumas atau yang biasa disebut sebagai oli. Ada banyak inovasi baru yang membuat mesin motor jadi lebih tokcer. Lalu di tengah persaingan itu muncullah banyak pertanyaan, mana oli motor yang tahan lama?

Saat ini di pasaran ada banyak sekali merek oli dan masing-masing ingin menunjukkan bahwa kualitas oli mereka adalah yang terbaik. Ada yang menyatakan olinya terbaik, karena diracik dengan bahan sintetik bermutu tinggi dan lebih bagus dibanding dengan oli berbahan dasar mineral. Sehingga selama beberapa tahun terakhir, tren pemakaian oli di tanah air mengarah pada oli sintetik.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, para ahli mulai melakukan sejumlah inovasi baru dan menghadirkan oli berbahan ester sebagai salah satu alternatif oli yang jadi referensi untuk digunakan bagi pengguna motor pada umumnya.

Base Oil Groups Explained

Untuk diketahui, oli berbahan dasar ester biasanya hanya digunakan oleh motor-motor para pembalap yang memiliki beban kerja yang berat karena harus dipacu dalam waktu tertentu. Sehingga performa motor sang pembalap tetap tokcer dan tak ngadat ketika dibutuhkan.

Berbekal ide performa mesin motor balap itu, kemudian para ahli otomotif mulai meracik ramuan oli berbahan dasar ester ini. Tujuannya tentu bikin mesin jadi awet dan tahan lama.

Loh mengapa begitu? Penasaran kan? Sebelum kita ngomong lebih jauh kelebihan oli berbahan ester, ada baiknya kita perhatikan dulu apa sih kelebihan dan kekurangan sebuah oli berdasarkan bahan dasarnya.

Oli Motor yang Tahan Lama

Tanpa bermaksud untuk membandingkan merek oli yang ada di pasaran, artikel ini hanya ingin mencoba memberikan sedikit ulasan untuk membantu Anda memastikan material oli mana yang bisa direferensi untuk kendaraan Anda.

See also  Wajib Tahu, Ini Penyebab Oli Mesin Motor Cepat Habis

Pertama kita bahas dulu oli sintetik yang saat ini banyak beredar di pasaran. Dari namanya saja sudah jelas bahwa, oli sintetik memiliki bahan baku dari sebuah proses kimia dan bukan berasal dari minyak bumi seperti oli mineral. Berbeda dari oli mineral, oli ini punya satu kelebihan yakni struktur molekulnya lebih stabil.

Oli sintetik juga disebut lebih tahan panas dan lebih tahan oksidasi. Selain itu, kekentalannya juga lebih stabil dan umur pakai relatif lebih lama dibandingkan oli mineral biasa. Hanya kelemahannya mungkin harganya lebih mahal dari oli biasa, namun itu relatif.

Bagaimana dengan oli Ester? Sebenar oli ester ini juga merupakan oli semi-sintetik atau full sintetik yang diberi campuran ester sebagai aditif. Dengan campuran ester sekitar 5 persen saja, akan memberi efek antifriksi bagus pada mesin sehingga tak mengherankan kalau oli jenis ini biasa dipakai untuk ajang balapan.

Oli Ester Motor

Mengapa oli ini digunakan untuk balapan, karena dengan menggunakan oli ester suhu kerja mesin jadi relatif lebih rendah sehingga mesin jadi lebih tahan lama dan mesin jadi terasa lebih enteng. Dan secara otomatis kinerja mesin yang lebih ringan akan membuat mesin motor jadi lebih awet dan tahan lama. Jadi tertarik nggak buat mencoba oli ester yang buat motor tambah greng?

Tapi kan teknologi ester kan hanya buat motor balap? Eits tunggu dulu, sekarang teknologi oli ester pun bisa digunakan buat motor pada umumnya loh. Adalah X-TEN, sebagai salah satu brand lokal di Indonesia yang telah mengembangkan teknologi ester ini untuk oli mesin motor dan mobilnya.

Oli Motor yang Tahan Lama

Tapi aman nggak buat motor kita? Tenang aja, oli X-TEN sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Dan tak cuma itu, ada jutaan orang yang sudah mencobanya loh. Jadi tunggu apalagi, yuk beralih ke Oli X-TEN. Motor Anda jadi tahan panas dan entengnya tahan lama ini.

See also  Oli Motor Matic yang Bikin Tarikan Enteng Tahan Lama