Motor Matic Anda Ngebul? Ini Penyebab dan Cara Sederhana Mengatasinya


Motor Ngebul? Ini yang Perlu Anda Lakukan!

Ada motor 2-tak, ada juga 4-tak. Untuk motor yang 2-tak, mesin mengeluarkan asap lewat knalpot adalah hal yang wajar. Itu karena dalam pembakarannya, oli samping ikut terbakar. Berbeda bila motor ngebul terjadi pada motor 4-tak. Jika jenis motor ini mengeluarkan asap putih, Anda perlu waspada. Ada yang tidak beres pada kendaraan kesayangan Anda jika ngebul atau berasap putih.

Banyak sebab motor bisa ngebul. Ini terutama berkaitan dengan kinerja mesin yang sedang tidak baik-baik saja. Mari kenali beberapa sebabnya sehingga Anda bisa melakukan antisipasi atau meresponsnya dengan cepat dan tepat.

Motor Ngebul? Ini yang Perlu Anda Lakukan!

 

ring piston motor matic

Ring Piston Aus

Motor Anda ngebul bisa diakibatkan bagian ring piston aus. Piston merupakan komponen pada motor yang memiliki cincin atau ring. Perlu Anda pahami, ada dua jenis ring piston, yaitu ring kompresi dan oli. Ring kompresi berfungsi merapatkan celah piston dan blok silinder, supaya kompresi tidak bocor. Sementara itu, ring oli berfungsi mencegah masuknya oli dari ruang engkol ke ruang bakar.

Jika kedua ring tersebut aus, celahnya membesar. Oli akan mudah masuk ke ruang bakar. Hal ini harus segera diatasi agar tenaga mesin tidak melemah, terutama saat motor pertama kali dinyalakan. Anda harus mengganti satu set ring piston jika komponen ini aus, agar motor tidak ngebul. Bawa saja motor Anda ke bengkel untuk pemasangan ring tersebut.

blok silinder sudah rusak

Blok Silinder Sudah Rusak

Penyebab lain motor ngebul karena blok silinder sudah rusak atau sudah baret. Ini dapat menyebabkan oli merembes melalui celah bawah ke ruang bakar. Blok silinder yang sudah tidak dalam kondisi prima ini, misalnya ditandai dengan munculnya baret, dapat disebabkan kualitas oli yang kurang bagus.

See also  Malas Bolak-balik Bengkel, Cobain Oli yang Tahan Lama Ini Deh!

Perlu Anda pahami, blok silinder merupakan komponen motor yang mudah rusak, apalagi jika Anda telat ganti oli. Oleh karena itu, biasakan ganti oli tepat waktu untuk menghindari kerusakan blok silinder dan mencegah motor Anda ngebul.

seal klep rusak

Seal Klep dan Komponen Lain Rusak

Periksa juga seal klep motor Anda jika motor ngebul. Jika seal klep rusak, knalpot motor mengeluarkan asap putih. Seal klep inilah yang memisahkan ruang head silinder dan payung klep. Jika seal klep robek, oli mudah masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar bersama mesin. Akibatnya, mesin pun ngebul dan Anda perlu mengganti komponen ini.

Selain seal klep, perhatikan pula packing kepala silinder apakah masih bagus atau sudah rusak. Komponen ini juga dapat menyebabkan motor Anda mengeluarkan asap putih. Seal katup juga perlu dicek apakah masih dalam kondisi prima atau sudah rusak. Selain itu, perhatikan pemakaian knalpot. Sebaiknya gunakan knalpot yang sesuai dengan spesifikasi motor Anda, agar tidak bermasalah dan mengeluarkan asap tak sedap.

oli encer

Pemakaian Oli Encer

Ini juga penting Anda pahami, pemakaian oli encer dapat menyebabkan mesin motor Anda ngebul. Oli yang terlalu encer mudah masuk melalui celah kecil yang terdapat pada mesin. Akibatnya, knalpot bisa mengeluarkan asap putih, meskipun Anda baru mengganti oli. Jika hal ini yang terjadi, segera ganti oli Anda dengan oli yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. Cara ini bisa mencegah motor Anda ngebul.