Malas Bolak-balik Bengkel, Cobain Oli yang Tahan Lama Ini Deh!


oli yang tahan lama

Pengguna motor awam terkadang bingung untuk menentukan kapan sih jangka waktu yang tepat untuk pergantian oli yang benar? Padahal kalau mengganti oli kelamaan, motor jadi brebet, namun kalau gantinya kecepatan kantongnya yang bisa bobol. Ada gak sih oli yang tahan lama?

Terkadang ini yang buat pengguna motor jadi kebingungan. Padahal kalau bicara soal waktu, tak ada waktu yang pasti dalam soal ganti-mengganti oli ini. Sebab bukan tidak mungkin, terkadang meski baru beberapa minggu mengganti oli, toh power pada mesin motor kita sudah berasa kurang nyaman. Apa kemudian kita harus ganti ulang lagi, kan nggak juga. Apalagi jika pas tanggal tua, pasti bisa urusannya bisa panjang.

Nah kapan sih waktu yang tepat untuk ganti oli. Secara umum, kalau kita mengacu pada buku manual dari pabrikan, tentu rata-rata pabrikan motor akan menyarankan agar konsumen melakukan penggantian oli motor setiap 2.000 km atau 1 bulan sekali, tergantung mana yang lebih dahulu dicapai.

Tapi kembali lagi, masa atau waktu penggantian itu, semua tergantung pada rutinnya pemakaian dan jarak tempuh dari motor yang digunakan. Kalau untuk Anda yang berprofesi sebagai sales atau ojek online, tentu butuh pergantian yang lebih rutin karena kinerja mesin motor Anda juga lebih ekstra dari motor biasanya.

Tapi kalau Anda adalah karyawan swasta dan sepanjang hari motor Anda hanya di parkiran saja, tentu tak perlu buru-buru ganti oli. Karena umur oli Anda pasti akan lebih panjang.

Tapi kemudian masalah utama para pemilik motor adalah malas untuk ganti oli pada anjuran yang diberikan pabrikan atau orang malas bolak-balik ke bengkel hanya sekadar mengganti oli. Entah alasan sibuk atau memang dianya yang malas gerak (mager), sehingga terkadang pergantian oli pun jadi terabaikan.

See also  Ciri2 Piston Motor Rusak dan Masalah yang Ditimbulkan

Padahal pergantian oli adalah hal yang sangat vital dalam urusan perawatan motor. Malas ganti oli, sama saja membuat peluang motor “turun mesin” jadi lebih cepat. Lalu, bagaimana dong solusinya?

Oli yang Tahan Lama

Tenang saat ini ada kok oli yang tahan lama, lebih lama dari oli yang beredar di pasaran. Dengan perkembangan teknologi, industri otomotif saat ini sudah mampu mengembangkan oli berbahan Ester sebagai bahan dasarnya.

Apa sih oli Ester itu. Oli ester adalah oli yang salah satu bagiannya adalah Ester, yakni sebuah senyawa dengan base oil tingkat tertinggi saat ini sehingga jarang digunakan untuk motor biasa.

Selama ini oli berbahan dasar Ester hanya digunakan bagi mesin-mesin dengan kebutuhan performa tinggi seperti motor balap atau pelumasan mesin pesawat terbang.

Hanya saja dengan perkembangan teknologi, ester tak sekadar digunakan untuk oli-oli motor balap tapi sudah diproduksi untuk oli mesin motor biasa.

X-TEN, yang merupakan salah satu brand lokal Indonesia, telah mengembangkan keunggulan oli Ester di Indonesia. Konon molekul-molekul yang ada pada oli ester X-TEN akan melindungi permukaan mesin motor Anda dan membentuk lapisan tipis pelumas (thin film) dan memberi efek baik terhadap pelumasan mesin motor Anda.

Tak sekadar melindungi saja, kandungan Ester di dalam oli ini, membuat Oli X-TEN jadi salah satu oli mesin terbaik saat ini dalam menjaga performa mesin tetap prima. Oli ini juga mampu menjaga akselerasi motor dalam suhu tinggi agar tetap stabil.

Dan yang paling penting, umur pemakaian oli X-TEN juga jauh lebih lama dibandingkan dengan oli biasa. Oli X-TEN terbukti memiliki masa penggunaan yang mencapai 5.000 km, sementara oli lain masa pemakaiannya hanya di kisaran 2000 km saja.

See also  Tips Jitu Merawat dan Memilih Oli Motor Matic yang Bikin Tarikan Enteng

Jadi bagi Anda yang malas sering-sering ke bengkel untuk mengganti oli motornya, Oli X-TEN bisa menjadi solusi. Sebab oli ini bisa tahan lama dan bisa membuat motor masih tetap enak, walau olinya sudah mencapai batas waktu pemakaian 2000 km. Jadi buat apa tunggu lama-lama, ayo buktikan bahwa oli X-TEN, olinya tahan lama. ()