Ganti Oli Motor Aerox Berapa Lama?


Ganti Oli Motor Aerox Berapa Lama

Ganti Oli Motor Aerox Berapa Lama? – Kita semua tahu bahwa oli adalah sumber kehidupan mesin motor, oli merupakan salah satu komponen terpenting yang membuat mesin anda bisa menyala.

Mengetahui betapa pentingnya oli itu, anda harus memperhatikan dengan betul kapan ganti oli dan jenis oli yang dipakai. Kami harap ini akan menjawab pertanyaan yang sering diajukan, yakni seberapa sering anda mengganti oli motor, terutama Aerox 155 yang menjadi fokus artikel kali ini.

Mengapa Harus Rutin Mengganti Oli

1. Oli yang Terpecah-Pecah

Semua oli akan rusak dalam waktu tertentu, dan meskipun ada banyak faktor mengapa oli terpecah, kontributor utama adalah panas yang dihasilkan selama proses pembakaran di dalam mesin. Ketika terkena panas yang cukup, oli akan menguap dan ini dikenal sebagai titik nyala oli.

2. Oli yang Terkontaminasi

Ada tiga cara utama mengapa oli kita bisa terkontaminasi, yang pertama adalah puing-puing yang menembus filter udara, lalu yang kedua berasal dari serutan / partikel logam yang dihasilkan akibat kontak logam ke logam di mesin, dan yang terakhir dari produk sampingan proses pembakaran yang meningkatkan keasaman oli anda yang pada waktunya akan menyebabkan korosi internal serta meninggalkan endapan di mesin.

Spesifikasi Yamaha Aerox 155 VAA

Yamaha Aerox 155 sendiri menggunakan generasi terbaru dari mesin 155cc yang dilengkapi dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang membuat tarikan mesin menjadi lebih bertenaga. Selain VAA, Blue Core Engine milik Aerox 155 juga dilengkapi SMG (Smart Motor Generator) yang membuat suara motor lebih halus saat pertama dinyalakan.

Aerox 155 juga memiliki bagasi super luas yang mampu memuat barang-barang seperti helm full face dan peralatan berkendara lainnya dengan mudah. Motor baru juga berarti desain baru, Aerox 155 memiliki Sporty LED Headlight and Tail yang terkesan lebih sporty dan terlihat lebih terang serta awet. Ukuran ban sebesar 110/80-14” di bagian depan dan 140/70-14” di bagian belakang membuat pengalaman berkendara menjadi stabil. Yamaha Aerox 155 memiliki Speedometer Full Digital MID (Multifunction Information Display)  yang mampu menampilkan informasi beragam seperti kecepatan laju dan kapasitas sisa bensin. Tidak ketinggalan juga terdapat Electric Power Socket yang digunakan sebagai pengisi daya ponsel saat berkendara.

See also  Mengenal Warna Kabel Motor Honda

 

Berikut ini adalah spesifikasi Yamaha Aerox 155 VVA :

Tipe MesinLiquid cooler 4-strokeVolume silinder155.1 ccTorsi maksimum13.8 Nm / 6250 rpmDaya maksimum11 kW / 8000 rpmKapasitas tangki bensin4.6 LSistem bahan bakarFull InjectionSistem pelumasanWet sumpSistem starterElectric starterJarak terendah ke tanah142mm (14.2 cm)Panjang x Lebar x Tinggi19990mm x 770mm x 1125mmTipe rangkaUnderboneTipe banTubelessSuspensi depanTeleskopikSuspensi belakangUnit SwingRem depanDisc brakeRem belakangDrum brake

Ganti Oli Motor Aerox Berapa Lama?

Berdasarkan buku manual yang didapat ketika membeli Yamaha Aerox 155 VAA, motor ini diharuskan menjalani perawatan atau service secara berkala per 3000 km atau 2 bulan sekali, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu. Oli yang digunakan disarankan memiliki kapasitas 1 liter dengan tingkat kekentalan 10W-40.

Rekomendasi Oli untuk Dipakai Yamaha Aerox 155 VAA

Sesuai yang terpapar di buku manualnya, Yamaha Aerox 155 VAA dianjurkan memakai oli dengan kekentalan SAE 10W-40. Aerox pakai oli apa? Nah, ada beberapa opsi yang bisa anda gunakan untuk oli Yamaha Aerox 155 VAA ini.

1. Federal Matic ForceMaxx 40

Oli jenis ini dibuat secara khusus untuk motor matic dan sesuai untuk Yamaha Aerox 155 VAA. Oli Federal Matic 40 memiliki keunggulan seperti Active Moly yang menjaga mesin serta Double Act Cleaner yang membersihkan mesin.

Spesifikasi Federal Matic ForceMaxx 40 :

  • 1000 ml
  • SAE 10W-40
  • API SL
  • Harga sekitar Rp38.000

2. Yamalube Super Matic Oil

Motor Yamaha tentunya lebih direkomendasikan memakai oli dari Yamalube. Untuk itu, oli yang cocok untuk Aerox 155 VAA adalah Yamalube Super Matic Oil.

 

Spesifikasi Yamalube Super Matic Oil :

  • 1000 ml
  • SAE 10W-40
  • API SL
  • JASO MB
  • Harga sekitar Rp66.500

3. X TEN 10W40 Super Matic

Oli X TEN ini memiliki botol berwarna ungu dan untuk motor matic dengan mesin kapasitas 150cc ke atas seperti Aerox 155 VAA ini. Keunggulan dari oli X-TEN ini adalah kandungan Ester yang merupakan Base Oil Group tertinggi saat ini.

See also  Oli Motor Matic yang Bikin Tarikan Enteng Tahan Lama

Spesifikasi oli X-TEN 10W40 Super Matic 1.0L :

  • 1000 ml
  • SAE 10W-40
  • JASO MB
  • API SL
  • Harga sekitar Rp55.000

Ganti Oli Motor Aerox Berapa Lama

Waktu ganti oli Aerox bisa sampai 5000km!

Urusan memilih oli memang tidak boleh sembarangan. Meski banyak juga orang yang gonta-ganti oli demi kenyamanan khususnya untuk pengguna motor Aerox. Kebiasaan gonta-ganti ini sebenarnya tidak baik karena mesin akan kembali menyesuaikan dengan pelumasnya.

Waktu untuk ganti oli pun jadi tidak stabil karena gonta-ganti oli merk. Sementara itu, perlu Anda ketahui oli rekomendasi dari bengkel resmi tidak selalu yang terbaik karena mereka tidak memakai bahan terbaik di olinya. Karena itu sebaiknya gunakan oli yang sudah pasti speknya, standar olinya, dan tentunya base oil ester yang paling bagus seperti X-TEN. Dengan memakai oli X-TEN, Anda dapat rasakan penggantian oli yang lebih lama karena oli X-TEN Tahan Lama. Yang biasanya standar ganti oli 2000km, pakai X-TEN bisa sampai 5000km. Namun kembali lagi pilihan ada di tangan Anda, silakan pilih oli yang paling tepat untuk motor Aerox kesayangan Anda.

Semoga bermanfaat!