Ciri2 Piston Motor Rusak dan Masalah yang Ditimbulkan


ciri2 piston motor rusak

Ciri2 Piston Motor Rusak – Komponen paling populer dari suatu kendaraan, termasuk motor, adalah mesin. Tanpa mesin sangat mustahil sebuah motor bisa jalan. Namun, kinerja mesin pun tetap tergantung pada komponen lain yang dibenamkan pada motor Anda. Salah satunya, piston. Komponen ini sangat penting bagi berfungsinya mesin kendaraan.

Motor kesayangan Anda tidak akan bisa nyala jika piston rusak. Setidaknya, jika kinerja piston terganggu, motor Anda bisa tiba-tiba mogok. Bagi mesin, fungsi piston memang sangat penting, antara lain mengatur volume silinder, menghisap udara ke dalam silinder, mengubah daya ekspansi pembakaran menjadi gerakan energi mekanik, dan lain-lain. Berikut ini beberapa hal yang bisa terjadi jika piston rusak.

Ciri2 Piston Motor Rusak

mesin sulit menyala

Mesin Sulit Nyala

Kinerja piston berkaitan erat dengan mesin. Tak mengherankan bila piston rusak, mesin pun sulit dinyalakan. Ini juga rangkaian dari akibat menipisnya volume oli di dalam mesin. Kinerja piston menjadi terganggu, terhambat, sehingga tidak maksimal. Jangan biarkan hal ini berlarut-larut karena kepala piston bisa pecah. Risiko besarnya, motor Anda akan mati total.

Oleh karena itu, jika Anda merasa motor sulit dinyalakan, penyebabnya bisa dari piston yang bermasalah. Demikian juga jika motor Anda sudah kerap kali mogok di jalan. Segera bawa motor ke bengkel dan lakukan servis untuk kembali menyehatkan kendaraan Anda karena masalah piston.

motor matic mati mendadak

Kinerja Mesin Turun

Jika pun mesin bisa dinyalakan, performanya turun seandainya piston rusak. Ini biasanya ditandai dengan tarikan motor terasa berat karena kerja piston berhubungan dengan pembakaran. Piston yang tidak dalam kondisi normal berpengaruh pada seluruh hasil pembakaran dan kinerja piston sendiri serta komponen mesin lainnya.

See also  Ganti Oli Motor Aerox Berapa Lama?

Jangan abaikan jika tarikan motor sudah terasa berat, tidak enteng, dan kendaraan sudah tak enak lagi diajak jalan. Itu pertanda kinerja mesin turun yang bisa bermula dari masalah piston. Anda perlu segera membawa motor Anda ke bengkel untuk diservis agar piston kembali berfungsi dan proses pembakaran pada mesin kembali sempurna.

Keluar Asap Putih dan Suara Mesin Kasar

Keluar Asap Putih dan Suara Mesin Kasar

Piston yang rusak juga bisa menyebabkan motor Anda mengeluarkan asap putih, bahkan dalam jumlah banyak. Ini dapat terjadi karena ring piston sudah aus. Anda perlu mengganti komponen yang aus ini sehingga kendaraan Anda tidak mengeluarkan asap dan nyaman dikendarai.

Selain itu, suara mesin yang kasar juga menjadi pertanda piston motor Anda bermasalah. Awal mula rusaknya piston ini biasanya dari rusaknya setang seher. Jika dua komponen tersebut rusak, muncullah suara gesekan yang terdengar kasar saat Anda menyalakan mesin atau saat Anda menarik tuas gas. Segera atasi hal ini untuk mengembalikan performa motor dalam level terbaik.

oli motor habis

Oli Cepat Habis

Masalah lain jika piston rusak adalah oli cepat habis. Oleh karena itu, jika knalpot motor Anda mengeluarkan banyak asap putih, jangan paksakan untuk berkendara. Ini akan berakibat pada cepat habisnya oli mesin. Lebih parah lagi, komponen lain pun bisa berpotensi mengalami kerusakan. Segera perbaiki piston motor Anda dengan cara mudah, membawanya ke bengkel untuk diservis.

Salah satu penyebab piston bermasalah adalah karena penggunaan oli yang tidak berkualitas, karena itu ada baiknya Anda selalu menggunakan oli motor terbaik untuk mesin kendaraan Anda. Oli yang bermutu, akan mem buat mesin tahan lama, termasuk membuat piston tidak mudah rusak.