Begini Tips Boncengan Naik Motor Yang Seru


Tips Boncengan Naik Motor Yang Seru

Tips Boncengan Naik Motor Yang Seru – Perhatikan Keseruan naik motor juga bisa diwujudkan saat berboncengan. Apalagi jika Anda berboncengan dengan kekasih hati atau orang kesayangan. Tentu dunia serasa indah sambil berkendara berdua. Menyusuri jalan yang terjal dan berliku pun tidak terasa capai, apalagi jika berkendara di jalan yang rata, dengan aspal yang halus mulus.

Berkaitan dengan boncengan naik motor ini, tentu tidak bebas melakukannya, karena ada aturan yang berlaku. Jika Anda melanggarnya, sanksi tilang bisa Anda terima dengan rasa tak enak hati. Setidaknya, jika naik motor, cukup dua orang dewasa saja. Membawa anak balita atau di bawah umur masih dibolehkan. Nah, biar lebih asyik saat berboncengan, perhatikan beberapa hal ini.

Wah Ternyata Begini Tips Boncengan Naik Motor Yang Seru

Cara Pegangan Yang Benar

Tips Boncengan Naik Motor Yang Seru

Naik motor berdua melewati beragam karakter jalan perlu memperhatikan keamanan dan kenyamanan. Salah satunya, Anda perlu memperhatikan cara berpegangan. Tujuannya agar pembonceng tidak terjatuh atau mengganggu Anda yang memegang kendali motor. Pembonceng sebaiknya memegang pinggul Anda sehingga tetap terkoneksi dengan gerakan Anda sebagai pengendara. Ini juga dapat membuat Anda dan kendaraan tetap stabil.

Selain cara berpegangan di atas, hindari pula gerakan-gerakan yang tidak penting, bahkan mengganggu keamanan dan kenyamanan selama motor melaju. Selalu jaga keseimbangan selama berboncengan agar Anda dapat tetap fokus mengendalikan motor, bisa belok kanan maupun belok kiri dengan baik. Dengan demikian, Anda bisa selamat sampai tujuan berdua, tanpa perlu mengalami hal yang tak mengenakkan di jalan.

Begini Gaya dan Perlengkapan Berkendara

Tips Boncengan Naik Motor Yang Seru

Naik motor sendirian dengan berdua tentu berbeda. Dengan demikian, perhatikan gaya Anda saat naik motor berboncengan. Anda perlu menyesuaikan gaya berkendara karena membawa penumpang di belakang membuat lebih berat ketika naik motor. Motor menjadi tidak selincah ketika Anda berkendara seorang diri. Untuk itu, perhitungkan waktu dan jarak dengan baik jika Anda hendak mendahului kendaraan di depan Anda, atau saat Anda hendak mengerem.

See also  Cara Memilih Knalpot Racing Paling Bagus

Memperhatikan gaya berkendara saja belumlah cukup. Anda dan orang yang membonceng juga perlu mengenakan perlengkapan berkendara seperti helm, jaket, sepatu, dan lain-lain. Perlengkapan berkendara, apalagi yang wajib dipakai, akan menghindarkan Anda kena tilang dan lebih menjamin keamanan serta kenyamanan selama naik motor berdua. Hal yang juga penting, pembonceng jangan menggunakan pakaian yang membahayakan saat naik motor. Kenakan saja baju yang simpel, tidak terkesan ribet dan mengganggu keselamatan berkendara.

Nah, Ini Juga Penting: Jangan Boti!

Tips Boncengan Naik Motor Yang Seru

Naik motor sebaiknya cukup berdua saja untuk orang dewasanya. Namun, sering kali di jalan bisa ditemui berboncengan tiga orang (boti). Satu pengendara dan dua pembonceng. Ini sangat tidak disarankan. Selain melanggar peraturan yang ada, risiko terjatuh sangat besar. Lebih berbahaya lagi jika berboncengan tiga orang ini dilakukan di jalan raya yang sangat ramai, berpotensi terjadi tabrakan. Boti seperti ini biasanya dilakukan para remaja yang masih mencari jati diri dan suka coba-coba hal baru, serta ingin menghadapi tantangan baru. Namun, sekali lagi, berboncengan tiga orang tidak dibenarkan.

Risiko lainnya karena berboncengan tiga orang ini adalah motor Anda bisa cepat rusak. Karena sering membawa beban berlebih, kinerja beberapa komponen yang ada pada kendaraan kesayangan bisa terganggu. Ini dapat berakibat buruk pada performa motor. Padahal, Anda harus senantiasa memperhatikan stamina kendaraan andalan.

Paling Penting: Periksa Kondisi Motor

Tips Boncengan Naik Motor Yang Seru

Tak boleh terlewatkan, periksa terlebih dahulu kondisi motor sebelum digunakan berboncengan. Ini juga terkait dengan stamina kendaraan, seperti yang sudah disinggung di atas. Periksa tekanan angin kedua ban motor Anda, pastikan juga rem masih kuat mencengkeram, dan perhatikan suspensinya. Ini penting Anda perhatikan, apalagi motor Anda sering digunakan untuk berboncengan.

See also  Tips Jitu Merawat dan Memilih Oli Motor Matic yang Bikin Tarikan Enteng

Lakukan perawatan rutin agar motor kesayangan tidak ngadat atau rewel bahkan loyo untuk berboncengan. Anda bisa servis rutin ke bengkel resmi atau bengkel langganan Anda. Pastikan pula kinerja mesin mumpuni agar saat berboncengan motor tidak mogok gara-gara mesin bermasalah. Mendukung kinerja mesin, gunakan oli yang berkualitas. Dalam hal ini, Anda tidak perlu bingung atau repot-repot. Pilih saja oli X-TEN Double Ester Matic yang bikin mesin tahan lama, jika kendaraan Anda adalah motor matik 150 cc.

Lapisan ester X-TEN Double Ester Matic memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin adem, tetap bersih, bertenaga, dan hemat BBM. Berdasarkan penelitian, mesin kendaraan yang menggunakan X-TEN Double Ester Matic, dalam jangka waktu yang panjang, tingkat keausan mesinnya hanya 5-10%. Hal ini karena bahan ester khusus yang digunakan X-TEN Double Ester Matic membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan mesin dari gesekan. Ini juga menyebabkan kendaraan yang menggunakan X-TEN Double Ester Matic lebih hemat pemakaian BBM-nya.

Oli X-TEN Double Ester Matic juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Anda bisa membeli oli ini di Planet Ban.