3 Cara Merawat Motor Matic Biar Tahan Lama!


cara merawat motor matic

Cara Merawat Motor Matic – Sepeda motor yang dirawat dengan baik akan bertahan lama, awet, dan jarang rewel. Tidak hanya yang tergolong baru, motor yang sudah masuk kategori lawas pun masih bisa mengaspal dengan lancar, jika penggunanya memahami cara merawat kendaraan. Ini juga termasuk motor matik yang tidak baru lagi, misalnya sudah berumur lima tahun ke atas, dapat Anda gunakan dengan baik jika Anda tidak lalai merawatnya.

Tidak sulit kok merawat motor matik lawas. Selagi ada kemauan dan tindakan nyata untuk menjaganya dengan baik, melalui perawatan rutin, motor kesayangan Anda tetap bisa diandalkan. Berikut ini beberapa cara merawat motor matik lawas yang bisa Anda jadikan inspirasi.

Cara Merawat Motor Matic

Pastikan Motor Selalu Bersih

Banyak barang yang sudah termasuk lama, kuno, namun tampilannya tetap bisa mempesona. Itu juga bisa diterapkan pada motor matik lawas. Supaya penampakan bodinya tidak lusuh, Anda cukup memastikan motor Anda selalu bersih. Tentu saja dilakukan dengan cara rajin cuci motor, baik itu di rumah maupun di tempat cuci motor dekat tempat tinggal Anda.

Motor matik lawas yang selalu bersih juga membuatnya tetap awet dan tidak gampang rewel saat dikendarai. Ini karena debu atau kotoran yang menempel cepat dibersihkan dan hilang. Sirkulasi udara motor matik Anda pun bisa optimal. Selain itu, kerja kaliper, as roda, dan rantai tidak terhambat. Berkendara pun menjadi lancar dengan motor matik lawas Anda, tanpa gangguan yang berpengaruh pada aktivitas Anda.

Biasakan Berkendara dengan Baik

Ini juga tidak sulit Anda lakukan. Cukup dengan membiasakan diri berkendara dengan baik, Anda bisa merawat motor matik lawas Anda secara cerdas dan bijak. Misalnya, jangan terbiasa ngebut di atas rata-rata atau melakukan gas rem gas rem asal-asalan. Saat terjebak kemacetan, biarkan saja mesin motor langsam dan tak perlu gantung gas. Ini akan berpengaruh pada konsumsi bahan bakar yang lebih dari biasanya alias boros. Kampas kopling pun akan cepat habis.

See also  Motor Matic Anda Ngebul? Ini Penyebab dan Cara Sederhana Mengatasinya

Nah, jika Anda menggunakan motor matik dengan radiator, jangan lupa untuk selalu cek kondisi air. Jangan sampai kehabisan. Kuraslah radiator agar bersih dan kinerjanya optimal sehingga mesin tidak cepat panas. Perhatikan juga tekanan angin saat berkendara agar Anda merasakan kenyamanan di jalan dan membuat motor matik lawas Anda bisa awet, tidak mudah ngambek saat digunakan.

Rutin Servis CVT dan Ganti Oli Berkala

Salah satu komponen penting motor matik adalah continuously variable transmission (CVT). Ini merupakan alat penggerak otomatis pada motor matik. Hadirnya komponen ini pada motor matik membuat Anda tidak perlu memindahkan gigi atau persneling. Cara merawat motor matik lawas tidak bisa dilepaskan dari rutin menyervis CVT, misalnya setiap 6.000 km. Anda dapat membawa motor kesayangan ke bengkel agar servis komponen penting ini bisa lebih baik.

Selain servis CVT, perhatikan juga oli motor matik lawas Anda. Rutin ganti oli merupakan cara wajib agar motor Anda semakin awet, meski tidak berusia muda lagi. Lalai mengganti oli akan berakibat buruk terhadap mesin juga komponen-komponen lain yang dibenamkan pada motor matik. Untuk itu, gantilah oli secara rutin, tepat waktu.

Pastikan juga motor matik lawas Anda mengonsumsi oli bermutu. Dengan demikian, mesin motor bisa awet, tidak mudah rewel, mogok, atau bermasalah saat Anda berkendara. Pilih saja oli X-TEN yang bikin mesinnya tahan lama.

Lapisan ester X-TEN memproteksi mesin dari gesekan sisa pembakaran oli sehingga mesin adem, tetap bersih, bertenaga, dan hemat BBM. Berdasarkan penelitian, mesin kendaraan yang menggunakan X-TEN, dalam jangka waktu yang panjang, tingkat keausan mesinnya hanya 5-10%. Hal ini karena bahan ester khusus yang digunakan X-TEN membentuk semacam lapisan yang melindungi permukaan mesin dari gesekan. Ini juga menyebabkan kendaraan yang menggunakan X-TEN lebih hemat pemakaian BBM-nya dan mesinnya tahan lama.

See also  Malas Bolak-balik Bengkel, Cobain Oli yang Tahan Lama Ini Deh!

Oli X-TEN juga sudah mendapatkan sertifikasi Standar Nasional Indonesia (SNI) dan Japanese Automotive Standard Organization (JASO) – JAPAN. Dengan demikian, jangan ragu untuk menggunakan X-TEN agar kinerja mesin motor matik lawas Anda tetap prima. Anda bisa mendapatkan oli X-TEN di Planet Ban.